![]() |
Manajemen Dakwah |
.

Visi
Menjadi institusi pendidikan manajemen dakwah yang progresif, mampu beradaptasi dan learning faster
Misi
- Melaksanakan proses transformasi keilmuan manajemen secara efektif.
- Meningkatkan riset aksi manajemen.
- Memperbanyak kolaborasi (network enhancement) dengan perusahaan akseleratif dan lembaga dakwah agar tercipta keseimbangan antara teori dan praktek.
- Melakukan benchmarking dan transfer knowledge terhadap masyarakat dan organisasi dalam rangka ketauladanan manajemen.
.
Program Studi Manajemen Dakwah berdiri tahun 1998 dan telah mendapatkan status akreditasi B dari BAN-PT.
Our Community
Budaya organisasi program studi didesain agar terjadi ‘feminisme
manajemen’; yakni aktivitas manajemen yang fleksibel tapi optimal dan
menggugah komitmen. Sebegitu mencairnya pola hubungan dan komunikasi
sesama staf pengajar dan jajaran manajemen program studi MD membuat proses
diseminasi skill dan pengetahuan manajemen menjadi mudah terjadi.
Kekuatan staf pengajar program studi MD terletak pada banyaknya dosen
dengan gelar magister di bidang Manajemen, baik dari luar negeri maupun
dari dalam. Negara Australia adalah salah satu rujukan dosen MD untuk
menambah kapabilitas keilmuan manajemen. Selain itu, sebagian dosen MD
juga ada yang berasal dari kalangan birokrat dan praktisi konsultan
bisnis. Untuk memfasilitasi gairah akademisi, jurusan mendirikan
‘Lembaga Pengembangan dan Konsultansi Manajemen’ yang dikelola langsung
oleh staf pengajar program studi MD.
Konsentrasi program studi MD terklasifikasi pada dua orientasi; yakni Marketing dan Sumber Daya Manusia. Dari implementasi dua
konsentrasi itu, program studi MD memiliki fokus pada pembentukan kompetensi
manajemen, bisnis dan entrepreneurship.
Core Subjects
Ada tiga landasan perkuliahan program studi MD.
Pertama, fondasi mata kuliah
dengan penekanan pada spiritual dan character building seperti Akhlak
Tasawuf, Etos Kerja Islam, Psikologi, Ilmu Dakwah, Etika Bisnis Islam,
dsb.
Kedua, fondasi mata kuliah dalam dimensi kemanajerialan seperti teori dan konteks organisasi, prinsip manajemen kontemporer, Strategi Bisnis, Kepemimpinan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Perilaku dan Budaya Organisasi, dsb.
Ketiga, fondasi mata kuliah dengan bingkai praktek kewirausahaan seperti Manajemen Koperasi, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan Islam, dsb.
Kedua, fondasi mata kuliah dalam dimensi kemanajerialan seperti teori dan konteks organisasi, prinsip manajemen kontemporer, Strategi Bisnis, Kepemimpinan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Perilaku dan Budaya Organisasi, dsb.
Ketiga, fondasi mata kuliah dengan bingkai praktek kewirausahaan seperti Manajemen Koperasi, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan Islam, dsb.
Dengan menilik asas Change Management dan nilai-nilai dakwah
kontemporer, arah pembelajaran manajemen kemudian diadaptasi sedemikian
rupa sehingga mahasiswa/i menguasai skill dan knowledge tentang
manajemen praktis di semua jenis organisasi, baik profit atau
non-profit. Dengan kapabilitas seperti ini, obyek kajian riset tidak
terbatas lagi hanya pada institusi atau lembaga yang berlabel Islam saja
seperti KBIH, Baitul Mal wat Tamwil (BMT), Bank Muamalah, Islamic
Center, Pondok Pesantren, Kementerian Agama, Yayasan Islam, dsb; tetapi
mahasiswa/i program studi MD diharapkan mampu bersaing dalam melakukan aksi
dan penelitian di lembaga dan perusahaan akseleratif seperti Astra,
detik.com, majalah Info Franchise, Indomaret, Telkomsel, home-based
industries, dsb.
Kompetensi lulusan program studi MD adalah menguasai teori manajemen
kontemporer dan bisa mempraktekkannya dalam organisasi dakwah maupun
perusahaan profit.
Alumni jurusan Manajemen Dakwah terbukti bisa memiliki competitive
advantage dan sanggup bersaing secara terbuka dengan alumni
universitas-universitas lainnya. Beberapa di antaranya ada yang
melanjutkan studi manajemen di luar negeri dan berkecimpung aktif dalam
dunia akademis. Alumni program studi MD juga mampu memberikan konsultansi
manajemen dan pelatihan kemanajerialan. Patut dicatat juga bahwa semakin
banyak lulusan MD yang membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan
kapasitas keilmuan kewirausahaan.
Profesi Alumni
Secara singkat, profesi alumni program studi MD adalah:
- Manajer organisasi dengan skill leadership yang memadai.
- Konsultan manajemen.
- Akademisi manajemen yang bergerak dalam bidang riset dan pengajaran.
- Wirausahawan (Entrepreuner).
Kerja sama dengan Instansi lain
Program studi MD memiliki program praktikum yang mengarahkan mahasiswa/i
untuk bisa beradaptasi dan memahami praktek yang riil dalam manajemen
organisasi. Beberapa lembaga yang bekerja sama untuk praktek internship program studi MD adalah Rumah Sakit Siti Hajar Sidoarjo, KBIH Bryan Makkah,
KBIH Uswah Surabaya, Kandepag Surabaya, Pondok Pesantren Sidogiri
Pasuruan, BRI Syariah Surabaya, Cabang Perum Pegadaian Syariah Surabaya,
dan sejumlah usaha kecil-menengah.
Program studi MD juga sedang membangun unit-unit kerja sebagai wahana
pelatihan mahasiswa. Melalui networking dengan Pondok Sidogiri, sebagai
misal, laboratorium program studi MD bersinergi secara kuat dalam hal
pendirian BMT (Bayt al-Mal wa al-Tamwil).
No comments:
Post a Comment