Profile MD

Manajemen Dakwah
.


Visi

Menjadi institusi pendidikan manajemen dakwah yang progresif, mampu beradaptasi dan learning faster

Misi

  1. Melaksanakan proses transformasi keilmuan manajemen secara efektif.
  2. Meningkatkan riset aksi manajemen.
  3. Memperbanyak kolaborasi (network enhancement) dengan perusahaan akseleratif dan lembaga dakwah agar tercipta keseimbangan antara teori dan praktek.
  4. Melakukan benchmarking dan transfer knowledge terhadap masyarakat dan organisasi dalam rangka ketauladanan manajemen.

.
Program Studi Manajemen Dakwah berdiri tahun 1998 dan telah mendapatkan status akreditasi B dari BAN-PT.

Our Community

Budaya organisasi program studi didesain agar terjadi ‘feminisme manajemen’; yakni aktivitas manajemen yang fleksibel tapi optimal dan menggugah komitmen. Sebegitu mencairnya pola hubungan dan komunikasi sesama staf pengajar dan jajaran manajemen program studi MD membuat proses diseminasi skill dan pengetahuan manajemen menjadi mudah terjadi.
Kekuatan staf pengajar program studi MD terletak pada banyaknya dosen dengan gelar magister di bidang Manajemen, baik dari luar negeri maupun dari dalam. Negara Australia adalah salah satu rujukan dosen MD untuk menambah kapabilitas keilmuan manajemen. Selain itu, sebagian dosen MD juga ada yang berasal dari kalangan birokrat dan praktisi konsultan bisnis. Untuk memfasilitasi gairah akademisi, jurusan mendirikan ‘Lembaga Pengembangan dan Konsultansi Manajemen’ yang dikelola langsung oleh staf pengajar program studi MD.
Konsentrasi program studi MD terklasifikasi pada dua orientasi; yakni Marketing dan Sumber Daya Manusia. Dari implementasi dua konsentrasi itu, program studi MD memiliki fokus pada pembentukan kompetensi manajemen, bisnis dan entrepreneurship.

Core Subjects

Ada tiga landasan perkuliahan program studi MD.
Pertama, fondasi mata kuliah dengan penekanan pada spiritual dan character building seperti Akhlak Tasawuf, Etos Kerja Islam, Psikologi, Ilmu Dakwah, Etika Bisnis Islam, dsb.
Kedua, fondasi mata kuliah dalam dimensi kemanajerialan seperti teori dan konteks organisasi, prinsip manajemen kontemporer, Strategi Bisnis, Kepemimpinan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Perilaku dan Budaya Organisasi, dsb.
Ketiga, fondasi mata kuliah dengan bingkai praktek kewirausahaan seperti Manajemen Koperasi, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan Islam, dsb.
Dengan menilik asas Change Management dan nilai-nilai dakwah kontemporer, arah pembelajaran manajemen kemudian diadaptasi sedemikian rupa sehingga mahasiswa/i menguasai skill dan knowledge tentang manajemen praktis di semua jenis organisasi, baik profit atau non-profit. Dengan kapabilitas seperti ini, obyek kajian riset tidak terbatas lagi hanya pada institusi atau lembaga yang berlabel Islam saja seperti KBIH, Baitul Mal wat Tamwil (BMT), Bank Muamalah, Islamic Center, Pondok Pesantren, Kementerian Agama, Yayasan Islam, dsb; tetapi mahasiswa/i program studi MD diharapkan mampu bersaing dalam melakukan aksi dan penelitian di lembaga dan perusahaan akseleratif seperti Astra, detik.com, majalah Info Franchise, Indomaret,  Telkomsel, home-based industries, dsb.

Kompetensi lulusan program studi MD adalah menguasai teori manajemen kontemporer dan bisa mempraktekkannya dalam organisasi dakwah maupun perusahaan profit.
md2
Alumni jurusan Manajemen Dakwah terbukti bisa memiliki competitive advantage dan sanggup bersaing secara terbuka dengan alumni universitas-universitas lainnya. Beberapa di antaranya ada yang melanjutkan studi manajemen di luar negeri dan berkecimpung aktif dalam dunia akademis. Alumni program studi MD juga mampu memberikan konsultansi manajemen dan pelatihan kemanajerialan. Patut dicatat juga bahwa semakin banyak lulusan MD yang membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan kapasitas keilmuan kewirausahaan.

Profesi Alumni

Secara singkat, profesi alumni program studi MD adalah:
  1. Manajer organisasi dengan skill leadership yang memadai.
  2. Konsultan manajemen.
  3. Akademisi manajemen yang bergerak dalam bidang riset dan pengajaran.
  4. Wirausahawan (Entrepreuner).

Kerja sama dengan Instansi lain

Program studi MD memiliki program praktikum yang mengarahkan mahasiswa/i untuk bisa beradaptasi dan memahami praktek yang riil dalam manajemen organisasi. Beberapa lembaga yang bekerja sama untuk praktek internship program studi MD adalah Rumah Sakit Siti Hajar Sidoarjo, KBIH Bryan Makkah, KBIH Uswah Surabaya, Kandepag Surabaya, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, BRI Syariah Surabaya, Cabang Perum Pegadaian Syariah Surabaya, dan sejumlah usaha kecil-menengah.
Program studi MD juga sedang membangun unit-unit kerja sebagai wahana pelatihan mahasiswa. Melalui networking dengan Pondok Sidogiri, sebagai misal, laboratorium program studi MD bersinergi secara kuat dalam hal pendirian BMT (Bayt al-Mal wa al-Tamwil).

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOG TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS